Template by:
Free Blog Templates

Sabtu, 10 Januari 2009

Review Game GTA IV (2)

Sang Perampas Mobil yang Makin Alami

Jakarta - Jika di-Indonesia-kan, Seri Grand Theft Auto bisa jadi berjudul 'Curanmor' karena temanya yang sangat kental dengan pencurian kendaraan bermotor. Dalam game seri terbarunya, GTA IV, sang perampas mobil pun makin lihai dan alami.


Semua Paragrap yang di sembunyikan
(bagian 2 dari 3 tulisan)

Dalam GTA IV banyak sekali fitur yang telah ditambahkan oleh Rockstar, suasana di Liberty City kini lebih hidup dari sebelumnya. Ada banyak sekali interaksi yang dapat dilakukan oleh karakter.

Misalnya, detikINET cukup terkejut ketika mencoba merampas mobil dari pengemudi di jalan. Tidak semudah seperti sebelumnya, di GTA IV pengemudi dapat melawan bahkan sampai memegangi pintu mobil karena tak relanya mobilnya dibawa. Saking ngototnya, seorang pengemudi bahkan terseret oleh mobil yang baru saja dirampas Niko.

Ketika ingin 'membawa' mobil yang sedang diparkir, pada seri sebelumnya jika mobil tersebut terkunci maka kita tidak dapat mengendarainya. Kini, tidak ada lagi istilah mobil terkunci karena pemain dapat memecahkan kaca jendela --setelah sebelumnya celingak-celinguk memperhatikan lingkungan sekitar.

Kalau tak mau mengambil mobil, pemain juga bisa memanggil taksi dan minta diantarkan ke tujuan. Saat menjadi penumpang, sudut pandang berubah menjadi sudut orang pertama dan pemain bisa menikmati pemandangan kota sepanjang perjalanan.

Fitur baru yang dirasakan saat mengendarai mobil adalah kemampuan Waypoint GPS, artinya jalan mana yang harus diambil untuk mencapai tujuan ditandai dalam peta dengan jalur berwarna. Waypoint aktif secara otomatis saat menjalankan misi dan bisa diaktifkan melalui menu peta saat di luar misi.

Gerak Tubuh Alami

Berkat engine game buatan Natural Motion, Non-player character (NPC)---karakter dalam game yang dikendalikan sepenuhnya oleh komputer-- kini berperilaku lebih pintar dan alami serta dapat merespon dengan keadaan sekitarnya. Akan muncul respon yang berbeda-beda ketika NPC tersebut tertabrak oleh kendaraan, terserempet, mendengar suara ledakan maupun berlari-lari kecil sambil menudungi kepala saat terjadi hujan.

Oh ya, berhati-hatilah ketika menabrak dengan kecepatan tinggi, pasalnya tubuh Niko dapat terlempar keluar jendela depan mobil ataupun berguling jika sedang mengendarai motor. Gerakan Niko yang terguling pun jauh lebih realistis dan memilukan.

Beberapa NPC dalam game ini ada yang bisa memberikan keuntungan pribadi buat anda dari mulai mendapatkan uang sampai dengan bisnis ilegal pembelian senjata api. Secara umum NPC di GTA IV bisa dibagi atas pemeran pendukung dan figuran, layaknya sebuah film. Figuran adalah para pejalan kaki atau pengendara mobil, sedangkan pemeran pendukung adalah NPC yang bisa memberikan sesuatu pada Niko.



Read More…

0 komentar: